Participative Journal (PJ) : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat
Vol 4 No 2 (2024): Participative Journal

Penguatan Tahsinul Qur’an dengan Metode Iqro’ dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Calon Guru Muda dan Santri di TPQ Masyiatullah

Yahya, Fizian (Unknown)
Zakirak, Zayidi (Unknown)
Aulawi, Muhammad (Unknown)
Hayaturraiyan, Hayaturraiyan (Unknown)
Asiah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Phenomena persoalan kemampuan membaca al-Qur’an dengan fasih dan sesuai dengan kaidah tajwid belakangan ini telah menarik banyak minat para peneliti. Realitas seperti ini juga penulis temukan di TPQ Masiatullah NW Pringgbaya Dusun Belawong Lauk, Lombok Timur bahwa Santri/wati masih memiliki kemampuan membaca yang minim dalam kefasihan membaca al-Qur’an dan pengaplikasian ilmu tajwid dalam membaca al-Qur’an yang disebabkan oleh minimnya metode mengajar yang dibawakan oleh sang pendidik. Melalui program kegiatan pengabdian pada masyarakat digunakan metode pendampingan dan pelatihan. Hasilnya adalah pendampingan dan pelatihan telah berkontribusi terhadap kemampuan pemahaman dan teknik dalam hal cara membaca Al-Qur’an dengan fasih dan sesuai dengan ilmu tajwid bagi Calon Guru Muda dan Santri/wati.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Fokus Participative: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (JPPM) diterbitkan oleh Komunitas Peneliti Prodi Tadris Matematika-UIN Mataram adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada masyarakat dan ...