Jambura Arena Sport
Vol 1, No 3: November, 2024

Meningkatkan Hasil Belajar Pukulan Forehand Drive pada Permainan Tenis Meja melalui Latihan Multiball

Layuk, Yakobus Bungan (Unknown)
Podungge, Risna (Unknown)
Ilham, Al (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali tindakan dan satu kali evaluasi. Subjek dalam Tindakan Penelitian Kelas ini adalah Siswa Kelas XII SMA Muhammadiyah Batudaa yang berjumlah 25 orang siswa, terdiri dari 6 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari siswa, peneliti dan guru mitra yang bertindak sebagai kalaborator. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pukulan forehand drive tenis meja melalui latihan multiball pada masing-masing siklus. Pada  observasi awal terdapat hasil belajar siswa  50,43%. Pada siklus I kemampuan siswa meningkat secara signifikan menjadi 64,10% dan pada akhir siklus II menjadi 80,96%. Dengan demikian, ini membuktikan bahwa melalui latihan multiball dalam pembelajaran penjaskesrek mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar teknik dasar pukulan forehand drive. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jas

Publisher

Subject

Humanities Education Health Professions Public Health Other

Description

In the Jambura Arena Sport Focus and Scope in the Sports Sector Sports Science, Sports Training, Sports ...