Jurnal Riset Ilmiah
Vol. 2 No. 1 (2025): SINERGI : Jurnal Riset Ilmiah, Januari 2025

DAMPAK PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PENGUATAN IDENTITAS DAN KEHARMONISAN SOSIAL

Ulfa, Intan Jamilah (Unknown)
Shofiah, Vivik (Unknown)
Lestari, Yuliana Intan (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2025

Abstract

Pendidikan multikultural telah menjadi strategi penting dalam menghadapi tantangan keberagaman dan mempromosikan harmoni sosial di berbagai negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pendidikan multikultural terhadap penguatan identitas budaya dan keharmonisan sosial melalui kajian meta-analisis global. Data dikumpulkan dari 35 studi empiris yang diterbitkan antara tahun 2010 hingga 2023 dengan fokus pada implementasi pendidikan multikultural di berbagai jenjang pendidikan dan konteks budaya. Hasil meta-analisis menunjukkan bahwa pendidikan multikultural secara signifikan meningkatkan kesadaran dan penghargaan siswa terhadap identitas budaya mereka sendiri, sekaligus memperkuat rasa toleransi terhadap perbedaan. Studi ini juga menemukan bahwa program pendidikan multikultural yang dirancang dengan baik mampu mengurangi stereotip dan prasangka, serta mendorong interaksi sosial yang harmonis di komunitas sekolah. Faktor-faktor kunci yang memengaruhi efektivitas pendidikan multikultural meliputi keterlibatan guru, relevansi kurikulum, dan dukungan kebijakan pendidikan. Kesimpulan dari kajian ini menegaskan bahwa pendidikan multikultural memiliki peran penting dalam membangun kohesi sosial dan identitas kolektif yang inklusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

SINERGI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Other

Description

SINERGI : Jurnal Riset Ilmiah accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches: Humanities and Social sciences, that include: Engineering, Economics, Health, Social, ...