Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bersifat deskriptif dengan metodologi pre-eksperimen dalam satu kelompok subjek penelitian (One Group Test). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains (pretest-posttest). Analisis data terdiri dari ketuntasan peserta didik pada hasil tes dan analisis peningkatan keterampilan proses sains melalui analisis N-Gain dan uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan pengingkatan yang signifikan dalam semua aspek keterampilan proses sains setelah implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan skor rata-rata N-Gain sebesar 0,63 dengan kriteria sedang dan hasil perhitungan uji-t berpasangan thitung ? ttabel yakni 13,486 > 2,191. Simpulan dari penelitian ini adalah keterampilan proses sains peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan sebagai akibat dari penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing.
Copyrights © 2024