BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK

Anisa, Salsabila Rohma (Unknown)
Purnomo, Aris Rudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bersifat deskriptif dengan metodologi pre-eksperimen dalam satu kelompok subjek penelitian (One Group Test). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains (pretest-posttest). Analisis data terdiri dari ketuntasan peserta didik pada hasil tes dan analisis peningkatan keterampilan proses sains melalui analisis N-Gain dan uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan pengingkatan yang signifikan dalam semua aspek keterampilan proses sains setelah implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan skor rata-rata N-Gain sebesar 0,63 dengan kriteria sedang dan hasil perhitungan uji-t berpasangan thitung ? ttabel yakni 13,486 > 2,191. Simpulan dari penelitian ini adalah keterampilan proses sains peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan sebagai akibat dari penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...