BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS E-LEARNING MELALUI FLIPBOOK HAKIKAT ILMU SAINS PENGUKURAN DAN METODE ILMIAH KELAS VII SMP ISLAM AL AZHAR 52 BENGKULU

Lestari, Rika Ayu (Unknown)
Suradi, Ahmad (Unknown)
Sari, Meirita (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa kendala yaitu siswa masih kurang memahami materi dan merasa bosan dalam memahami pembelajaran. Oleh sebab itu dikembangkanlah e-modul untuk menarik minat belajar siswa agar pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa bisa lebih mandiri dan kreatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan E-Modul IPA Berbasis E-Learning Melalui Flipbook Hakikat Ilmu Sains, Pengukuran Dan Metode Ilmiah Kelas VII Di SMP. Adapun jenis penelitian ini menggunakan research and Development (R&D) dan instrumen yang digunakan yaitu angket validasi terhadap kelayakan e-modul dan respon siswa terhadap e-modul IPA. Dari hasil perhitungan uji-t satu sampel pada taraf signifikansi 0.05 dan derajat kebebasan (df) = 27, diperoleh thitung = 5.376 dan ttabel = 2.05183 Karena thitung > ttabel maka (H0) ditolak dan (Ha) diterima. Hasil pembelajaran IPA siswa di SMP Islam Al Azhar 52 Bengkulu dengan menggunakan e-modul berbasis e-learning melalui flipbook lebih tinggi daripada KKM (75).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...