BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUE GLOBAL WARMING UNTUK MENINGKATKAN ARGUMENTASI SISWA SMP

Budinarianti, Elinda (Unknown)
Susiyawati, Enny (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini yang bertujuan mendeskripsikan suatu peningkatan kemampuan argumentasi peserta didik SMP dalam materi pemanasan global setelah dilakukan pembelajaran IPA berbasis socioscientific issue. Penelitian ini adalah penelitian dengan kuantitatif pre-experimental dan one group pretest posttest design. Subjek dalam penelitian ini yaitu 25 siswa kelas VIIB SMP Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo tahun 2023/2024. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakkan observasi, tes, dan angket. Kemampuan argumentasi siswa diukur menggunakkan pretest dan posttest lalu dianalisis menggunakkan uji Wilcoxon dan effect size. Hasil penelitian ini yaitu terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan argumentasi siswa SMP setelah pembelajaran. Peningkatan kemampuan argumentasi siswa juga dapat terlihat dari level argumentasi siswa dimana pada pretest sebagian besar siswa berada pada level 1 yaitu sebanyak 73,08% siswa sedangkan pada posttest 100% siswa mencapai level 3 hingga 5. Hasil effect size yaitu sebesar 1,576 dengan kategori besar sehingga pembelajaran IPA berbasis socioscientific issue memiliki pengaruh yang besar terhadap peningkatan argumentasi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...