BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK

Nurina, Adlina Nafis (Unknown)
Nurita, Tutut (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penguasaan konsep peserta didik di salah satu SMP Negeri Surabaya setelah diterapkan pembelajaran kooperatif team games tournament berbantuan wordwall games. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest posttest design, dimana hanya satu kelompok peserta didik yang terlibat dalam penelitian ini dan mereka mengikuti dua tes: pretest sebelum perlakuan dan posttest setelah perlakuan. Subjek penelitian ini melibatkan 30 peserta didik kelas VIII di salah satu SMP Negeri Surabaya. Teknik pengumpulan data melalui tes pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penguasaan konsep peserta didik yang signifikan pada materi pembiasan cahaya. Skor N-Gain sebesar 0,67 menunjukkan peningkatan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif team games tournament berbantuan wordwall terbukti dapat meningkatkan kemampuan penguasaan konsep pada materi pembiasan cahaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...