BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

PENGGUNAAN ALAT PERAGA MONTESSORI PADA MATERI SISTEM TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MTS KELAS VII

Mellandri, Alief Dwi (Unknown)
Widodo, Wahono (Unknown)
Roqobih, Fikky Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar, keterlaksanaan pembelajaran dan respons siswa setelah menggunakan alat peraga Montessori dalam pembelajaran pada materi Sistem Tata Surya. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan metode jenis penelitian yang digunakan adalah poor experimental design dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII-H dengan jumlah 34 siswa di salah satu MTsN di Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan angket respons siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dianalisis menggunakan N-gain. Dari hasil penelitian diketahui rerata keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama 90,9% dan pertemuan kedua 95,4% dengan kategori sangat baik. Peningkatan hasil belajar pemahaman menggunakan N-gain 0,75 dan keterampilan proses 0,75 dengan kategori tinggi. Hasil respons siswa memiliki rerata 85,29% dengan kategori sangat baik. Terjadi peningkatan hasil belajar pemahaman dan hasil belajar keterampilan proses. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa pembelajaran menggunakan alat peraga Montessori pada materi sistem tata surya dapat meningkatkan hasil belajar siswa MTs Kelas VII.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...