Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, keterampilan berpikir kritis peserta didik dan respons peserta didik terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi ekologi. Jenis penelitian menggunakan desain pre-eksperimental dengan rancangan one group pretestposttest. Sampel penelitian berjumlah 35 siswa kelas VII SMP Negeri 14 Surabaya. Data diperoleh dengan metode observasi, tes, dan angket kemudian dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 4 dengan kategori sangat baik. Skor peningkatan N-Gain ratarata keterampilan berpikir kritis peserta didik yaitu sebesar 0,5 berkategori sedang. Peserta didik merespons positif pembelajaran model inkuiri terbimbing pada materi ekologi dengan perolehan persentase 80% dengan kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik
Copyrights © 2024