BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Oktavianti, Novi Idhah (Unknown)
Purnomo, Aris Rudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, keterampilan berpikir kritis peserta didik dan respons peserta didik terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi ekologi. Jenis penelitian menggunakan desain pre-eksperimental dengan rancangan one group pretestposttest. Sampel penelitian berjumlah 35 siswa kelas VII SMP Negeri 14 Surabaya. Data diperoleh dengan metode observasi, tes, dan angket kemudian dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 4 dengan kategori sangat baik. Skor peningkatan N-Gain ratarata keterampilan berpikir kritis peserta didik yaitu sebesar 0,5 berkategori sedang. Peserta didik merespons positif pembelajaran model inkuiri terbimbing pada materi ekologi dengan perolehan persentase 80% dengan kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...