BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA

Syafitri, Syalvira Cahya Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis peningkatan model kooperatiftipe jigsaw terhadap hasil belajar IPA siswa. Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah pembelajaran yang menitikberatkan pada diskusi kelompok ahli dan kelompok asal. Diskusi yang dilakukan oleh siswa bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah IPA. Masalah yang diajukan berisi tentang materi bunyi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian tindakan kelas ini difokuskan pada peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...