BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

ANALISIS KEBUTUHAN LKPD BERBASIS PBL BERNUANSA ESQ PADA MATERI SISTEM SIRKULASI DI SMA NEGERI 8 PADANG

Khairatunnisa (Unknown)
Ardi, Ardi (Unknown)
Syamsurizal (Unknown)
Relsas Yogica (Unknown)
Mailizarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada pembelajaran biologi perlu dioptimalkan untuk proses pembelajaran biologi. Media pembelajaran biologi yang bisa digunakan khususnya pada Kurikulum Merdeka di Fase F adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). LKPD bisa dilengkapi dengan model pembelajaran abad 21 salah satunya Problem Based Learning (PBL). PBL bisa membantu peserta didik untuk berpikir kritis dalam memecahkan persoalan dan bekerja sama dengan teman sejawat sehingga akan tercipta proses pembelajaran yang lebih aktif baik dari guru maupun peserta didik. Kurikulum Merdeka tidak hanya mengutamakan intelektual saja tetapi melainkan juga sikap spiritual. LKPD bisa dikaitkan Emotional Spiritual Quotient (ESQ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan LKPD berbasis PBL bernuansa ESQ. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif  yang dilakukan pada bulan November 2023 di SMA Negeri 8 Padang. Subjek dari penelitian ini sebanyak 63 orang peserta didik Fase F. Pengumpulan data berupa observasi ke sekolah, survey terhadap siswa, serta wawancara bersama guru di Fase F. Sedangkan Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi peserta didik dan wawancara guru, melalui pengumpulan data yang dilakukan didapatkan hasil bahwa guru sudah menggunakan LKPD akan tetapi belum mengaitkan dengan ESQ. Pada hasil observasi peserta didik dan wawancara guru setuju jika dikembangkan LKPD berbasis PBL bernuansa ESQ pada materi sistem sirkulasi. Oleh karena itu, perlu dikembangkan dikembangkan LKPD berbasis PBL bernuansa ESQ pada materi sistem sirkulasi di SMA Negeri 8 Padang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...