BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI SISTEM TATA SURYA DI SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU

Sari, Liza Nopita (Unknown)
Putra, Erik Perdana (Unknown)
Suradi, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media pembelajaran berbasis wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi sistem tata surya di SMP Negeri 14 kota bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan Pretest-Postest Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ada siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu dengan jumlah 192 orang. Sampel dalam penelitiann ini adalah 47 orang yang terdiri dari kelas (VII) F sebagai kelas eksperimen dan gan jumlah siswa 22 orang dan kelas (VII) G sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 25 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan tes (soal). Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu soal tes berjumlah 20 butir pertanyaan yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa penerapan media pembelajaran berbasis wordwall berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa. Dengan data analisis yang diperoleh menunjukkkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti signifikan < 0,05 sehingga Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis Wordwall berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...