BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

PENERAPAN STRATEGI TEBAK GAMBAR KLASIFIKASI HEWAN DENGAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTELEKTUAL SISWA KELAS VII MTS HIDAYATUL QOMARIAH

Dziaulhaq, Muhammad Fawwaz Dzakwan (Unknown)
Satria, Irwan (Unknown)
Sari, Meirita (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Kecerdasan intelektual siswa masih lemah karena siswa belum mampu memahami materi, dan belum mampu berfikir rasional. Tujuan Penelitian untuk mengetahui penerapan strategi tebak gambar klasifikasi hewan dengan metode Teams Games Tournament untuk meningkatkan kecerdasan intelektual siswa kelas VII di MTs Hidayatul Qomariah. Menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen. Hasil analisis data menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa kelas VII yang menggunakan strategi tebak gambar dengan metode (TGT) lebih tinggi dibanding dengan nilai rata-rata yang menggunakan metode ceramah yaitu 84,5 > 50,6. Selain itu berdasarkan perhitungan uji-t (Independent Samples Test) dengan taraf signifikan 5% diperoleh nilai Sig. (2- tailed) < 0,05 atau (0.000 < 0,05) maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak Ha diterima. Strategi tebak gambar klasifikasi hewan dengan metode Teams Games Tournament dapat meningkatkan kecerdasan intelektual siswa, sehingga dapat disarankan bahwa untuk meningkatkan kecerdasan intelektual siswa maka terapkanlah strategi tebak gambar klasifikasi hewan dengan metode Teams Games Tournament di madrasah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...