BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY PADA MATERI SEL ELEKTROLISIS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Damayanti, Rani (Unknown)
Guspatni (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Sel elektrolisis merupakan ilmu yang mempelajari proses perubahan energi listrk menjadi energi kimia. Materi ini memiliki konsep yang abstrak sehingga membutuhkan media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan konsep yang abstrak kedalam bentuk yang lebih nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektivan media pembelajaran terintegrasi Augmented Reality pada materi sel elektrolisis terhadap hasil belajar peserta didik. Media pembelajaran ini sudah terbukti valid dan praktis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian ini terdiri dari 30 orang peserta didik kelas XII F1 di SMAN 4 Pariaman. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa soal essay. Dari hasil analisis yang dilakukan didapatkan nilai N-Gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Analisis menggunakan uji-t juga menunjukkan signifikansi < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran terintegrasi Augmented Reality pada materi sel elektrolisis efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...