BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

PEMBELAJARAN BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT AND KNOWLEDGE (TPACK) DI ERA SOCIETY 5.0 SEBAGAI MODERNISASI DI BIDANG PENDIDIKAN

MZ, A.F. Suryaning Ati (Unknown)
Widodo, Wahono (Unknown)
Mariana, Neni (Unknown)
Subrata, Heru (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2024

Abstract

Integrasi Technological, Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan keterampilan adaptasi adalah hal penting dalam merancang pembelajaran yang responsif di era Society 5.0. Kehadiran teknologi mengubah merupakan bentuk modernisasi di bidang Pendidikan dan pembelajaran, memerlukan pemahaman mendalam tentang konten dan kemampuan adaptasi untuk menghadapi perubahan. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis hubungan antara pembelajaran berbasis Technological Pedagogical Content and Knowledge (TPACK) di era Society 5. 0 bentuk modernisasi di bidang Pendidikan dan menelusuri perspektif modernisasi sudut pandang revolusi pendidikan di era society 5.0. Metode penelitian ini adalah position paper dengan pendekatan studi literatur, yang bertujuan untuk menyampaikan pandangan atau posisi penulis terhadap suatu topik atau isu tertentu. Dalam penelitian ini, diawali dengan mengidentifikasi isu atau permasalahan terkait pembelajaran berbasis Technological, Pedagogical Content Knowledge (TPACK) sebagai bentuk modernisasi dibidang Pendidikan di era Society 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya korelasi positif antara pembelajaran berbasis Technological, Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan modernisasi pendidikan di era society 5.0 ternyata memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap dunia pendidikan, khususnya dalam sistem pembelajaran di sekolah. Pendidikan tidak bisa dilepaskan dari perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. TPACK bukan lagi menjadi bahan asing dalam dunia Pendidikan tetapi sudah menjadi penting dan sangat mendukung dalam dunia pendidikan pada abad 21 ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...