BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 9 BANDAR LAMPUNG

Saputro, Trimo (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA N 9 Bandar Lampung. Metode yang digunakan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI 2 sebagai kelas kontrol di SMA N 9 Bandar Lampung. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes berupa soal essay untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik. .Hasil dan analisis dari penelitian ini yaitu terbukti bahwa Model Quantum Learning berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis ditunjukkan dari hasil uji hipotesis mendapatkan hasil yaitu: thitung ttabel yaitu 9,360 1,697 artinya H0 ditolak bila nilai signifikan 0,05 dan Ha diterima jika nilai signifikan 0,05. Sesuai dengan tabel nilai signifikan sebesar 0,000 untuk kemampuan berpikir kritis yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis setelah menggunakan Model Pembelajaran Quantum Learning Berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...