BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KONSEP DASAR IPA MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR

Rahmatih, Aisa Nikmah (Unknown)
Fauzi, Asri (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan konsep dasar IPA mahasiswa calon guru sekolah dasar. Jenis penelitian ini termasuk peneltian kuantitatif dengan desain penelitian one group posttest only. Sampel penelitian ini sebanyak 32 mahasiswa. Instrument penelitian ini menggunakan tes kemampuan konsep dasar IPA. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas sebagai uji prasyarat. Hasil uji normalitas diperoleh skor signifikansi posttest sebesar 0,391 > 0,05 artinya data berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji one sample test. Hasil signifikansi sebesar 0,000<0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya model pembelajaran problem based learning (PBL) efektif terhadap kemampuan konsep dasar IPA mahasiswa calon guru sekolah dasar. Oleh karena itu model PBL dapat menjadi solusi alternatif dalam pembelajaran IPA di perguruan tinggi, khususnya dalam mempersiapkan calon guru Sekolah Dasar yang profesional dan memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...