BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

ANALISIS RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP

Walidain, Sri Nurul (Unknown)
Ardianti, Suji (Unknown)
Tusandini, Adelliya (Unknown)
Aprina, Cici (Unknown)
Yusdiana, Erma (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Pembelajaran fisika di tingkat sekolah menengah atas sering menghadapi tantangan, terutama dalam pemahaman konsep oleh Peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon Peserta didik terhadap metode pengajaran dan media pembelajaran yang digunakan dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika di kelas XII IPA 1 MAN 2 Sumbawa. Dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, data dikumpulkan melalui angket dan observasi terhadap 24 Peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengajaran inovatif, seperti Problem-Based Learning (PBL), dan media berbasis teknologi, seperti simulasi komputer dan video interaktif, secara signifikan meningkatkan pemahaman Peserta didik. Meskipun respon Peserta didik positif dan motivasi meningkat, tantangan berupa keterbatasan fasilitas teknologi masih menjadi hambatan. Penelitian ini menekankan pentingnya mengintegrasikan metode inovatif dan dukungan teknologi yang memadai untuk menciptakan pengalaman belajar fisika yang menarik dan efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...