Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik
Vol. 1 No. 6 (2024): Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik

STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK KEMALA BHAYANGKARI 1 JAKARTA

Sulistiyawan, Rifki Buyung (Unknown)
Gogali , Venessa Agusta (Unknown)
Hidayat , Rizki (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2024

Abstract

Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui : (1) Strategi Komunikasi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK Kemala Bhayangkari 1 Jakarta, (2) Faktor – Faktor Pendukung dan Penghambat Guru Dalam Misinya Meningkatkan Motivasi Siswa SMK Kemala Bhayangkari 1 Jakarta. Adapun metode penelitian yang digunakan dilihat dari jenis penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dan dalam proses pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi datas, penyajian data, dan verifikasi data. Dalam penelitian ini oeneliti menggunakan kaitan dan penyesuaian kepada literatur terdahulu dalam mengidentifikasi Strategi komunikasi yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil dari penelitian ini melalui tahapan strategi komunikasi menurut anwar Arifin yaitu melalui 5 (lima) tahapan yaitu, Mengenal Khalayak, Menyusun Pesan, Menentukan Metode, Pemilihan Penggunaan Media, dan Peranan Komunikator.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

retorika

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Komunitas Meneliti dan Menulis (Kolibi). Jurnal nasional ini bertujuan untuk mendiseminasikan penelitian ilmu komunikasi di berbagai bidang antara lain Komunikasi Politik, Komunikasi Bisnis, ...