Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 7 No. 3 (2024): September-December 2024

Peran Guru dalam Pengembangan Karakter dan Literasi Siswa di Sekolah Dasar Negeri Tumang

Amelia, Intan (Unknown)
Latif, Latif (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran guru dalam pengembangan karakter dan literasi siswa kelas III di SD Negeri 10 Tumang, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa guru tidak hanya berperan sebagai penyampai materi, tetapi juga sebagai teladan moral dan etika, yang sangat penting dalam pembentukan karakter siswa. Literasi dasar seperti membaca dan menulis diterapkan dengan baik, namun pemanfaatan literasi digital dan literasi finansial masih kurang optimal. Guru juga berperan sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran, namun belum sepenuhnya memanfaatkan sumber daya digital yang tersedia. Literasi dasar seperti membaca dan menulis diterapkan dengan baik, tetapi literasi finansial masih kurang diajarkan secara sistematis. Selain itu, literasi budaya dan kewargaan sudah mulai diterapkan melalui kegiatan seperti gotong royong. Triangulasi digunakan untuk memastikan keabsahan data, dan hasil penelitian menunjukkan pentingnya peran guru dalam mengembangkan karakter dan literasi siswa kelas III SD Negeri 10 Tumang Kecamatan Siak Kabupaten Siak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...