Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 7 No. 3 (2024): September-December 2024

Kompetensi Pedagogik Guru PAUD Inklusi: Sebuah Analisis Literatur dan Implikasinya

Melati, Herlina Puspa (Unknown)
Setiasih, Ocih (Unknown)
Zaman, Badru (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kompetensi pedagogik guru PAUD inklusi di Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR), Metode pengumpulan data dikumpulkan melalui pencarian literatur berbasis data akademik utama seperti Google Scholar, Sinta, dan ERIC.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun kompetensi pedagogik guru dalam pendidikan inklusi sudah memadai, namun masih ada kendala dalam penerapan metode pengajaran yang bervariasi dan pemahaman tentang karakteristik anak berkebutuhan khusus (ABK). Kompetensi pedagogik guru PAUD di tingkat Taman Kanak-kanak (TK) sudah cukup baik, terutama dalam mengelola pembelajaran, pengembangan kurikulum, dan penerapan strategi pembelajaran yang efektif. Meskipun demikian, peningkatan kompetensi guru secara berkelanjutan masih diperlukan, melalui pembinaan, pelatihan, serta perekrutan guru yang berkualifikasi. Penelitian ini juga mengungkap pentingnya indikator kompetensi pedagogik guru, seperti kemampuan dalam merancang kegiatan pengembangan anak, berkomunikasi efektif, serta memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Pengembangan keterampilan guru dalam merancang perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, terutama dalam konteks pendidikan inklusi, dapat ditingkatkan melalui pelatihan dan lokakarya

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...