Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial
Vol. 5 No. 11 (2024): Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial

GENERASI Z DALAM PEMBENTUKAN PERSONAL BRANDING MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK

Putri, Vanisa Novianti (Unknown)
Yanti, Dwi (Unknown)
Amelia (Unknown)
Lestari, Dwi Maya (Unknown)
Laksana, April (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran media sosial TikTok dalam pembentukan personal branding di kalangan generasi Z. Generasi Z, yang terdiri dari individu yang lahir antara 1997 hingga 2012, dikenal sebagai pengguna aktif media sosial, terutama platform video pendek seperti TikTok. Melalui platform ini, mereka dapat membangun citra pribadi yang berfungsi untuk mempengaruhi persepsi publik, baik dalam konteks karier, pendidikan, maupun sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam dan analisis konten terhadap beberapa akun TikTok yang populer di kalangan generasi Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok memberikan ruang bagi generasi Z untuk mengekspresikan diri mereka secara autentik, mengembangkan kreativitas, dan membangun koneksi dengan audiens yang lebih luas. Faktor-faktor seperti konsistensi, kreativitas, dan interaksi dengan pengikut memainkan peran penting dalam kesuksesan personal branding di platform ini. Namun, tantangan dalam menjaga keaslian dan menghadapi tekanan sosial juga menjadi isu yang perlu diperhatikan dalam proses pembentukan personal branding. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi individu maupun profesional yang ingin memanfaatkan TikTok sebagai alat untuk membangun dan mengelola personal branding mereka di era digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

triwikrama

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial Triwikrama Journal uses a license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works. This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creation even for commercial purposes, ...