Pendidikan karakter merupakan suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan nilai-nilai luhur dalam lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat. Pendidikan karakter menjadi salah satu prioritas pembangunan nasional yang diamanatkan dalam Pancasila, Pembukaan UUD 1945, dan untuk mengatasi permasalahan yang ada di Indonesia saat ini. Karakter mandiri dalam pendidikan merupakan salah satu karakter yang penting dikembangkan karena dengan seseorang bisa mandiri tentu akan menjadikan seseorang mampu berdiri sendiri atas kemampuan yang dimilikinya dapat mengatasi masalah yang sedang dihadapinya dengan lebih baik. Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan populasi siswa di SMA Negeri 2 Kotapinang. Kebijakan yang ditempuh dalam implementasi pendidikan karakter kemandirian di SMA Negeri 2 Kotapinang dilakukan dengan melalui kegiatan pembiasaan, terintegrasi dalam pembelajaran, dan dituangkan dalam aturan tertulis.Melalui kegiatan tersebut diharapkan akan mampu tercipta iklim sekolah yang kondusif untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan implementasi pendidikan karakter disiplin. Pengembangan pendidikan karakter kemandirian di SMA Negeri 2 Kotapinang tidaklah tanpa kendala. Beberapa kendala yang dialami oleh pihak sekolah di antaranya meliputi: (1) kesadaran diri dari beberapa siswa dan orangtua yang masih kurang memahami tujuan program, juga (2) sekolah belum mampu untuk mengintegrasikan pendidikan karakter mandiri secara komprehensif dalam proses pembelajaran di kelas.
Copyrights © 2024