Revolusi Industri 4.0 membawa transformasi signifikan dalam sektor manufaktur, dengan adopsi teknologi canggih seperti Internet of Things, analisis big data, kecerdasan buatan, dan otomasi proses produksi. Untuk menghadapi tantangan ini, lulusan pendidikan teknologi vokasi perlu dibekali tidak hanya keterampilan teknis, tetapi juga keterampilan kewirausahaan seperti kreativitas, inovasi, pengambilan risiko, dan identifikasi peluang bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum pendidikan teknologi vokasi berbasis kewirausahaan yang selaras dengan tuntutan Revolusi Industri 4.0 di bidang teknologi manufaktur. Melalui studi literatur yang komprehensif, penelitian ini mengeksplorasi konsep kewirausahaan, dampak Revolusi Industri 4.0 pada sektor manufaktur, dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan perlunya integrasi keterampilan kewirausahaan, keterampilan teknis manufaktur, serta keterampilan terkait Industri 4.0 seperti pemrograman, analisis data, pemikiran kritis, dan kolaborasi dalam kurikulum. Implementasi kurikulum ini membutuhkan kolaborasi erat antara institusi pendidikan dan industri, serta evaluasi berkala untuk memastikan relevansinya dengan perkembangan terkini.
Copyrights © 2024