Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi menghadirkan tantangan sekaligus peluang bagi dunia pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu solusi inovatif yang dapat diadopsi adalah penggunaan platform pembelajaran interaktif, seperti Geometri Academy. Artikel ini membahas hasil kegiatan workshop pemanfaatan Geometri Academy yang diselenggarakan di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Makassar. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dosen dalam menggunakan platform pembelajaran interaktif guna menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif dan menyenangkan. Kegiatan workshop melibatkan 31 dosen dan dilaksanakan melalui tiga tahapan: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil survei menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman dan minat dosen dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran. Sebelum workshop, hanya 40% dosen yang menggunakan teknologi secara rutin, sementara pasca-workshop, 70% peserta menyatakan komitmen untuk menerapkan Geometri Academy dalam pembelajaran. Evaluasi juga menunjukkan tingkat kepuasan peserta dengan persentase sangat puas sebesar 25.8%, puas 54.8% dan cukup puas 16.1% terhadap penggunaan aplikasi dan 85% terhadap materi yang disampaikan. Temuan ini menegaskan bahwa Geometri Academy berpotensi meningkatkan partisipasi dan motivasi mahasiswa melalui fitur-fitur interaktifnya. Namun, terdapat tantangan infrastruktur yang perlu diatasi untuk memastikan adopsi yang optimal. Artikel ini merekomendasikan pengembangan pelatihan serupa di masa mendatang untuk memperluas manfaat transformasi digital dalam pendidikan.
Copyrights © 2024