Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia
Vol 1, No 1 (2014)

PENGEMBANGAN PERANGKAT ASSESMENT BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS (KGS) PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM KIMIA FISIK II

Jusniar Jusniar (Unknown)
Sumiati Side (Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar, Jl. Dg Tata Raya Makassar)
Muh. Anwar (Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar, Jl. Dg Tata Raya Makassar)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2015

Abstract

Pengembangan Perangkat Assesment  Berbasis Keterampilan Generik Sains  (KGS) pada Mata Kuliah Praktikum Kimia Fisik II. Tujuan Penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan perangkat assessment berbasis keterampilan generik sains pada mata kuliah praktikum kimia  fisik II berdasarkan Plomp. Untuk menguji kevalidan  perangkat assesmnet digunakan validasi isi (content validity) terhadap dua ahli sebagai validator, sedangkan untuk uji kepraktisannya digunakan  angket yang diberikan kepada  empat orang asisten yang bertugas pada  praktikum kimia  fisik II dan tiga  orang dosen penanggungjawab praktikum kimia  fisik II.  Hasil uji validasi isi untuk perangkat assesment pra-praktikum  diperoleh koef. Validasi sebesar 1,00, perangkat  assessment  proses  praktikum sebesar 1,00 dan perangkat assessment  sebesar 1,00. Secara keseluruhan perangkat assessment  berbasis Keterampilan Generik Sains (KGS) dinyatakan valid karena koef validitasnya lebih besar  dari 0,75.  Rata-rata persentase uji  kepraktisan ditinjau dari persepsi  asisten adalah 96,23%. Rata-rat uji  kepraktisan  ditinjau  dari  respon positif dosen sebesar 94,98%. Berdasarkan kriteria kepraktisan yakni 75% responden  memberikan respon positif untuk setiap aspek, maka dapat disimpulkan bahwa perangkat assessment yang telah dikembangkan praktis  digunakan.Key Words:  Assesment tools, KGS, and Esperiment of  Physical  Chemistry II

Copyrights © 2014