Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dasar dalam rangka menciptakan pembelajaran yang inklusif. Kompetensi sosial guru PAI sangat penting karena berhubungan langsung dengan kemampuan mereka dalam berinteraksi dengan siswa yang memiliki latar belakang, kondisi, dan kebutuhan yang beragam. Pembelajaran inklusif menuntut guru untuk memiliki keterampilan dalam mengelola keragaman, membangun hubungan yang positif dengan siswa, serta menciptakan lingkungan belajar yang mendukung keberagaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di SD Swasta Dharma Patra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kompetensi sosial guru PAI dapat meningkatkan kualitas interaksi antara guru dan siswa, serta menciptakan suasana belajar yang lebih inklusif. Faktor-faktor yang mendukung pengembangan kompetensi sosial guru meliputi pelatihan, pengalaman praktis, dan dukungan dari rekan sejawat dan kepala sekolah. Penelitian ini menyarankan agar pengembangan kompetensi sosial guru PAI dijadikan fokus dalam peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dasar.
Copyrights © 2024