Jurnal Edukatif
Vol 2 No 2 (2024)

Pengembangan Kompetensi Sosial Guru PAI di Sekolah Dasar Untuk Pembelajaran Inklusif

Sari, Hatika (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dasar dalam rangka menciptakan pembelajaran yang inklusif. Kompetensi sosial guru PAI sangat penting karena berhubungan langsung dengan kemampuan mereka dalam berinteraksi dengan siswa yang memiliki latar belakang, kondisi, dan kebutuhan yang beragam. Pembelajaran inklusif menuntut guru untuk memiliki keterampilan dalam mengelola keragaman, membangun hubungan yang positif dengan siswa, serta menciptakan lingkungan belajar yang mendukung keberagaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di SD Swasta Dharma Patra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kompetensi sosial guru PAI dapat meningkatkan kualitas interaksi antara guru dan siswa, serta menciptakan suasana belajar yang lebih inklusif. Faktor-faktor yang mendukung pengembangan kompetensi sosial guru meliputi pelatihan, pengalaman praktis, dan dukungan dari rekan sejawat dan kepala sekolah. Penelitian ini menyarankan agar pengembangan kompetensi sosial guru PAI dijadikan fokus dalam peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edukatif

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukatif is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education including ...