Pande Nami Jurnal (PNJ)
Vol. 2 No. 4 (2024): Vol. 2 - No. 4 - OKTOBER 2024

PENGARUH PERMAINAN KARTU BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GKPS 2 JL. MEREK RAYA

Lia Ornella Anggraeni Pardede (Unknown)
Yanti Arasi Sidabutar (Unknown)
Asister Fernando Siagian (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran Kartu Bilangan bisa mempengaruhi hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, yang di mana data yang disajikan dalam penelitian ini berupa angka angka yang bisa dihitung hasilnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain One Group Pretest- Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan tes dan dokementasi. Dalam penelitian ini sampel yang diteliti adalah sejumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam memperoleh data penelitian adalah dengan menggunakan soal atau tes, yang di mana soal atau tes yang digunakan sudah melalui proses uji validitas, uji reliabilitas, uji kesukaran,dan uji daya pembeda dengan jumlah soal sebanyak 30 butir dengan jenis pilihan ganda. Melalui uji analisis data yang telah dilakukan peneliti dengan menggunakan uji normalitas, dan Uji-t, hasil yang diperoleh yaitu niliai thitung(19,842) > ttabel (2,344). Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh antara media pembelajaran Kartu Bilangan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD GKPS-2 Jl. Merek Raya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pnj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pande Nami Jurnal (PNJ) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel dalam bidang pendidikan dasar, kurikulum dan system pengelolaan pembelajaran di pendidikan dasar yang meliputi tematif integratif, serta kebijakan manajemen berbasis kelas di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), ...