Jenis penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimen (Pre-Experiment design) dengan menggunakan desain One Group Pretest Posttest. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada tema 3 subtema 3 pembelajaran 3 kelas IV UPTD SD Negeri 122379 Jl.Sentosa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa di UPTD SD Negeri 122379 Jl.Sentosa dan sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 22, yaitu 14 Laki-laki dan 8 Perempuan, teknik sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dengan variabel bebas (X) yaitu Model Problem Based Learning dengan Variabel terikat (Y) yaitu Hasil Belajar. Teknik pengumpulan data yaitu dengan tes dan berlangsung pada tahun ajaran 2023/2024. Adapun uji yang digunakan untuk penelitian ini yaitu uji t paired sample test dengan bantuan program IBM SPSS versi 26, beerdasarkan hasil perhitungan di dapat nilai thitung yaitu 10.351 Dengan frekuensi (df) sebesar 22 – 1 = 21, pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh ttabel yaitu 1.720. Maka diperoleh thitung > ttabel atau 10.351 > 1.720 maka HO ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas IV UPTD SD Negeri 122379 Jl.Sentosa.
Copyrights © 2024