Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen (pre-experimental design). Analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Populasi penelitian di kelas V SD Negeri 091277 Siantar Estate yang berlokasi di Jl. Makmur, Rambung Merah. Sampel dalam penelitian ini yaitu diambil disatu kelas yang digunakan sebagai kelas One Group sehingga yang menjadi sampel di penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 091277 Siantar Estate. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 27 siswa. Penilaian yang dilakukan adalah penilaian kebahasaan dan nonkebahasaan. Hasil penelitian diperoleh yaitu terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu dengan rata-rata posttest berjumlah 82,37 sedangkan pretest berjumlah 56. Pengaruh model kooperatif tipe Round Robin terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan faktor hake dengan uji N-Gain diperoleh niai sebesar 0,55 dengan kategori sedang.
Copyrights © 2024