Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Vol 2, No 2 (2015): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA

PENGEMBANGAN SIKAP EKOLOGIS MELALUI PEMBELAJARAN ECOPHYSICS BERBASIS ECOPEDAGOGY

Nurasyah Dewi Napitupulu (Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2016

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan sikap peduli lingkungan (green behaviour) mahasiswa calon guru fisika terhadap berbagai isu masalah lingkungan. Pengembangan green behaviour dilakukan dengan pendekatan ecopedagogy dalam pembelajaran ecophysics. Subjek penelitian berjumlah 55 mahasiswa. Kelompok kontrol (N=25) mengikuti perkuliahan tanpa pendekatan ecopedagogy, sedangkan kelompok eksperimen (N=30) mengikuti perkuliahan dengan pendekatan ecopedagogy. Data  sikap ekologis dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket skala sikap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dari skor rata-rata kelompok kontrol. Skor rata-rata pada kategori isu ekologis pemanasan global, menipisnya sumber-sumber energi, dan polusi mengalami peingkatan. Diperoleh bahwa skor rata-rata tertinggi berada pada kategori isu  polusi. Disimpulkan bahwa pendekatan ecopedagogy pada perkuliahan fisika lingkungan dapat mengembangkan sikap ekologis mahasiswa calon guru melalui pemahaman konsep-konsep  ecophysics. Pada penelitian selanjutnya, perlu mengembangkan kompetensi ekologis mahasiswa calon guru dalam kognitif, afektif, dan psikomotorik melalui berbagai model pembelajaran berbasis ecopedagogy.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika (JIPF) is a peer-reviewed journal that is managed by Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sriwijaya and published by Program Sarjana Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sriwijaya. JIPF is published ...