THEOREMA : The Journal Education of Mathematics
Vol 5 No 2 (2024): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics

PENGARUH MEDIA KANTONG PERKALIAN MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) MATERI PERKALIAN KELAS II SD NEGERI TLOGOHARUM 01

Ulya, Fina Faiqotul (Unknown)
Magfiroh, Shoimatul (Unknown)
Zuliana, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah rendahnya hasil belajar siswa kelas II pada pembelajaran matematika materi perkalian. Kurangnya penggunaan media yang menarik menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh media pembelajaran kantong perkalian untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi perkalian siswa SD kelas II SD Negeri Tlogoharum 01. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan empat alat pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.2 hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kantong perkalian memberikan manfaat tambahan, seperti peningkatan motivasi belajar dan kepercayaan diri siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

THEOREMA

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Theorema: The Journal Education of Mathematics merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Jurnal ini bertujuan sebagai tempat publikasi hasil penelitian dan pemikiran pada bidang ...