Kegiatan atau aksi komunitas motor pada saat di jalanan tentu sudah tidak asing di kalangan masyarakat. Namun sayangnya masyarakat pada umumnya masih menganggap bahwa komunitas motor dengan geng motor adalah kelompok yang sama yaitu kelompok yang mengganggu ketertiban jalan dengan bersikap ugal-ugalan dan melanggar aturan lalu lintas. Padahal, geng motor dan komunitas atau klub motor sangatlah berbeda. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana strategi komunitas motor dalam membangun citra positif di masyarakat. Dalam penelitian ini rancangan yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunitas motor YNCI (Yamaha Nmax Club Indonesia) dalam membangun citra positif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di tempat berkumpulnya komunitas motor YNCI (Yamaha Nmax Club Indonesia) yang beralamat di Jl. Basuki Rahmat, Surabaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi Fred R David dan teori citra positif Frank Jenkis. Tiga informan diwawancarai secara mendalam sebagai proses pengumpulan data. Pada teori strategi Fred R David terdapat tiga tahapan yaitu perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi. Teori citra positif Frank Jenkis terdapat lima citra yaitu citra bayangan, citra terkini, citra keinginan, citra korporasi, citra multi-image.
Copyrights © 2023