Fitur multiple accound Instagram memungkinkan pengguna untuk memiliki lebih dari satu akun Instagram. Pengguna Instagram membuat akun lain selain akun pertama yang disebut sebagai akun kedua atau second account. Akun kedua Instagram memiliki tingkat privasi yang berbeda pada akun pertama. Umumnya, akun kedua Instagram menunjukkan identitas yang berbeda dan lebih menyesuaikan keingingan pemilik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen privasi dalam akun kedua Instagram Generasi Z di Surabaya. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan etnografi virtual. Hasil penelitian menunjukkan ciri khas akun kedua Instagram yakni isi konten yang lebih privat dan pemilihan username yang unik dengan tetap menggunakan wajah asli sebagai foto profil. Melalui communication privacy management, peneliti menggunakan tiga perspektif untuk menganalisis manajemen privasi yakni privacy ownership, privacy management, dan privacy turbulence Kepemilikan informasi (privacy ownership) pemilik akun kedua Instagram dilakukan dengan membatasi penyebarluasan konten second accound melalui fitur penguncian akun (private) sehingga pemilik akun Instagram dapat melakukan seleksi pengikut berdasarkan kedekatan hubungan interpersonal di dunia nyata. Pada privasi kontrol (privacy control), pemilik akun Instagram cenderung mempertimbangkan aspek kesamaan gender dalam keterbukaan informasi. Pada bagian privacy turbulence atau turbulensi sangat minim terjadi
Copyrights © 2024