NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 11, No 12 (2024): NUSANTARA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

PERMASALAHAN BULLYING YANG DIALAMI SISWA DAN RENCANA TINDAK LANJUT GURU PEMBIMBING DALAM MENYIKAPINYA (STUDI DI SMPN 1 KEPAHIANG)

Putri Utami, Febriani (Unknown)
Purnama Sari, Dewi (Unknown)
Hajja Ristianti, Dina (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini berfokus pada fenomena bullying di kalangan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), khususnya di SMP Negeri 1 Kepahiang, dengan mempertimbangkan bahwa masa remaja awal (12-15 tahun) adalah periode transisi penting antara masa anak-anak dan dewasa yang melibatkan perubahan kognitif dan sosial-emosional. Bullying, yang sering kali menjadi bagian dari budaya di kalangan remaja, telah menimbulkan kekhawatiran serius terkait perilaku dan budi pekerti siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengidentifikasi perilaku bullying yang dialami siswa, 2) Menilai perilaku bullying yang dilakukan oleh siswa, dan 3) Menyusun rencana tindak lanjut yang dilakukan oleh guru pembimbing. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perilaku bullying yang dialami siswa di SMP Negeri 1 Kepahiang meliputi bullying verbal, serta sebagian mengalami bullying fisik dan psikologis. 2) Perilaku bullying yang dilakukan oleh siswa mencakup bullying verbal dan psikologis. 3) Rencana tindak lanjut oleh guru pembimbing mencakup layanan konseling individu, konseling kelompok, mediasi, dan konsultasi. Selain itu, guru pembimbing memberikan materi kepada siswa baik yang mengalami bullying maupun yang melakukan bullying.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...