Literasi merupakan salah satu kompetensi yang dijadikan focus untuk menyelesaikan masalah di berbagai konteks, Literasi adalah aktivitas membaca dan menerjemahkan dengan pikiran mengenai makna dari apa yang dibaca, kemudian menerapkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab rendahnya literasi membaca siswa di sekolah MTs Baitul Ilmi berdasarkan hasil survey nilai yang dilakukan, serta bagaiamana upaya untuk meningkatkan literasi membaca di kalangan siswa MTs Baitul Ilmi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan wawancara mendalam untuk mendapat data yang berkaitan dengan faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi membaca pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 2 faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi membaca siswa di MTs Baitul Ilmi yaitu faktor internal dan eksternal diantaranya, faktor internal; (1) Rendahnya kemampuan intelegensi siswa. (2) Rendahnya minat belajar siswa. (3) Rendahnya motivasi belajar siswa. Faktor eksternal; (1) Kurangnya perhatian orang tua. (2) Pengaruh Teknologi. (3) Pengaruh teman bermain. (4) Kemampuan guru. () Sarana dan Prasaran sekolah. Adapun upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa adalah; (1) Memberi motivasi, (2) Menerapkan kegiatan literasi membaca, (3) Meningkatkan kemampuan guru, (4) Meningkatkan sarana dan prasarana sekolah.
Copyrights © 2024