Bestari: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 5, No 2 (2024): Oktober 2024

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJARIPS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 03 SOLOK SELATAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Salsabillah, Miranti Putri (Unknown)
Rahayu, Sri (Unknown)
Wijaya, Wibi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh metode pembelajaran yang dilakukan Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa IPS kelas VII SMPN 03 Solok Selatan tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan tipe eksperimen, Berdasarkan hasil penelitian Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa kelas VII Di SMPN 03 Solok Selatan Tahun Ajaran 2023/2024 terdapat rata-rata nilai posttest  pada kelas eksperimen adalah 81,78 dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang dan rata-rata kelas kontrol 66,69 dengan jumlah siswa 9 orang. Berdasarkan hasil uji t penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI)  terhadap hasil belajar siswa dimana 0.0000.05. Artinya hipotesis dalam penelitian ini di terima karena memiliki pengaruh antara model pembelajaran dengan hasil belajar. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JBPK

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian dan kajian yang berkaitan dengan kebijakan dan permasalahan pendidikan dan kebudayaan. Peneliti, dosen, guru, mahasiswa, dan masyarakat umum dapat mengirimkan naskah kepada kami sesuai dengan Pedoman ...