Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 8 No 3 (2024): Desember

ANALISIS BIBLIOMETRIK : TREN PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Sahranti, Zulfida (Unknown)
Muchlis, Effie Efrida (Unknown)
Kristiani, Febri (Unknown)
Maizora, Syafdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Analisis bibliometrik merupakan analisis yang mendeskripsikan dan membuat peta struktural penelitian ilmiah yang dikumpulkan dari metadata artikel/jurnal. Tujuan dari penelitian analisis bibliometrik ini adalah untuk mengidentifikasi peluang dan perkembangan tren penelitian terkait pengembangan e-modul berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode bibliometrik dengan mengumpulkandata publikasi tahun 2019-2024 melalui website Google Scholar berbantuan software Publish or Perish dengan kata kunci Stem, critical thinking, modul, mathematics, geometry. Analisis data bibliometrik menggunakan software VOS Viewer dengan menampilkan 3 visualisasi yaitu network visualization, overlay visualization, dan density visualization. Hasil penelitian menunjukkan dari 996 jumlah minimun tampilan kata dari kata kunci terkait yang memenuhi ambang atas hanya 127 sedangkan yang terpilih adalah sebanyak 76 kata. Berdasarkan hasil analisis bibliometrik variabel yang berhubungan dengan kemampuan berpikir kritis matematis yang mempunyai peluang dan inovasi untuk penelitian selanjutnya adalah stem module, stem learning, geometric, critical thinking ability, e-module, virtual reality, stem approach dan student critical thinking.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...