Di era digital saat ini, media sosial seperti Instagram, TikTok, dan YouTube menawarkan peluang baru sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika, terutama bagi siswa sekolah dasar yang membutuhkan pendekatan interaktif. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi efektivitas media sosial dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan kualitatif, melibatkan observasi, angket siswa, dan wawancara. Pendekatan ini membantu memahami respon, motivasi, dan pemahaman siswa terhadap materi matematika yang disajikan secara visual dan interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial mampu meningkatkan partisipasi siswa serta mempermudah mereka dalam memahami konsep-konsep dasar matematika dengan lebih efektif. Mayoritas siswa merasa lebih termotivasi belajar matematika melalui media sosial dibandingkan metode konvensional, berkat konten yang menarik dan mudah diakses. Meskipun terdapat tantangan, seperti distraksi dari konten yang tidak berhubungan dengan pendidikan, penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pendidik mengenai potensi besar media sosial dalam memperkuat pembelajaran matematika di era digital.
Copyrights © 2024