JGSD : Jurnal Guru Sekolah Dasar
Vol. 1 No. 3 (2024): Jurnal Guru Sekolah Dasar Bulan Oktober 2024

Efektivitas Penerapan Metode Teaching at the Right Level dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa di Kelas 2 SD Negeri 2 Plosorejo: Studi Kasus

Susanti, Susanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan metode Teaching at the Right Level (TaRL) di kelas 2 SD Negeri 2 Plosorejo, Kecamatan Tawangharjo. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus dengan metode kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode TaRL meningkatkan kemampuan literasi siswa dan motivasi belajar. Siswa yang dikelompokkan berdasarkan tingkat kemampuan mereka menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca dan pemahaman teks. Meskipun terdapat tantangan dalam implementasi, seperti kebutuhan pelatihan guru dan keterbatasan sumber daya, manfaat yang diperoleh lebih besar. Penelitian ini memberikan bukti empiris yang mendukung penggunaan metode TaRL dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Guru SD adalah jurnal akses terbuka peer-review yang didirikan oleh Forum Guru Wiyata Bhakti (FGWB) yang berkedudukan di Kabupaten Grobogan. Jurnal ini berfungsi sebagai platform penting yang didedikasikan untuk menerbitkan artikel penelitian berkualitas tinggi, makalah ulasan, dan studi ...