Pedagogik : Jurnal Pendidikan dan Riset
Vol. 2 No. 3 (2024)

Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama

Mukmin, Amirul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis moderasi beragama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis moderasi beragama sangat penting untuk diterapkan dalam pendidikan agama Islam saat ini, mengingat tantangan yang dihadapi generasi muda, seperti intoleransi dan radikalisasi. Melalui pendekatan kontekstual, diskusi kelompok, pembelajaran berbasis proyek, serta penggunaan teknologi, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung internalisasi nilai-nilai moderasi. Selain itu, peran guru sebagai teladan, keterlibatan orang tua dan masyarakat, serta inovasi dalam metode pembelajaran juga sangat penting dalam menciptakan siswa yang tidak hanya memahami ajaran agama, tetapi juga mampu berkontribusi pada kerukunan dan keharmonisan masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education and Community Dedication. Articles published in journals are the results of research or areas of educational and comunity dedication ...