Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 6, No 2 (2024): Peqguruang

Analisis Kendala Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII di SMP Negeri 2 Polewali

Ahmad, Herlina (Unknown)
Zulmaizar, Muh. Muzani (Unknown)
Sari. R, Rindi Antika (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 2 Polewali. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi kelas, dan analisis dokumen. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 24 orang yang terdiri dari 21 siswa kelas VIII, 2 guru matematika dan 1 Wakasek kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan kurang optimalnya sosialisasi kurikulum kepada siswa dan guru, serta minimnya pelatihan formal oleh lembaga resmi. Guru menghadapi kesulitan dalam merumuskan tujuan pembelajaran dan menyusun perangkat ajar, serta kekurangan sarana seperti proyektor. Asesmen masih berfokus pada ujian sumatif, dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran masih minim. Diperlukan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah ini.  

Copyrights © 2024