Studi penelitian ini bertuejuan untuk mengevaluasi efektivitas Model Probleim Bosed Lerning (PBL) dan Project Based Lerning (PjBL) terhadap motievasi belajar matematik siswah kelas VIII SMP Negeri 2 Tutallu, dengan masing-masing kelas beranggotakan 30 siswah. Instrumein yang digunakaen adalah angkeit untuk mengukur motivasi belajar siswa. Data yang terkumpul dianaelisis meinggunakan metode statistiek deskriptief dan inferensial. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa nilai perhitungan N-gain untuk kelas PBL adalah 63,02, yang termasuk kategori sedang, sedangkan untuk kelas PjBL adalah 61,68, juga dalam kategori sedang. Uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi keduanya adalah 0,00* < 0,05. Dari analisis deskriptif dan inferensial ini disimpulkan bahwa kedua model pembelajaran, yaitu PBL dan PjBL, berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Selain itu, dari hasil perhitungan N-Gain, disimpulkan bahwa penggunaan Model Probleim Baseid Learning (PBL) menmberikan pengaruh yang lebih besar dibaendingkan dengan model Project Based Learning (PjBL).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024