Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa kelas VII SMPN 3 Balla dalam menggunakan tanda baca dan huruf kapital dalam menulis surat pribadi. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan observasi dan tes sebagai teknik pengumpulan data. Data dikumpulkan pada tanggal 13 Mei 2024 melalui observasi langsung dan pemberian tugas penulisan, kemudian dilanjutkan dengan analisis data dari tanggal 20 Mei hingga 23 Juni 2024. Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa, yang terdiri dari 7 laki-laki dan 13 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan yang bervariasi dalam penggunaan tanda baca dan huruf kapital. Secara umum, siswa menunjukkan pemahaman yang baik dalam penggunaan tanda baca dasar seperti titik, koma, dan tanda tanya, dengan persentase yang tinggi (80%, 65%, dan 75% masing-masing). Namun, terdapat kesulitan dalam penggunaan tanda baca yang lebih kompleks, seperti tanda titik koma (40%) dan tanda arah miring (45%). Untuk huruf kapital, siswa juga menunjukkan performa yang bervariasi, dengan penggunaan yang sangat baik di awal kalimat (85%) dan cukup baik untuk nama pribadi dan tempat (60%), tetapi kurang memadai untuk nama bulan dan hari (55%). Temuan ini mengindikasikan perlunya perhatian lebih dalam pengajaran penggunaan tanda baca yang kompleks dan detail huruf kapital. Faktor-faktor seperti metode pengajaran, frekuensi latihan, dan motivasi siswa berpengaruh terhadap kemampuan mereka. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024