Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 6, No 2 (2024): Peqguruang

Pengaruh Pendekatan Problem Posing Tipe Within Solution Terhadap Kemampuan koneksi Matematis Siswa

ani, mariani (Unknown)
Ali P, Muhammad (Unknown)
Sukmawati, Sukmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2024

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran dengan menggunkan pendekatan problem posing tipe within solution terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitan ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Wonomulyo kabupaten Polewali Mandar dengan subjek penelitian sebanyak 64 siswa, terdiri dari 31 siswa dikelas eksperimen dan 33 dikelas kontrol pada kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran problem posing tipe within solution terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Dilihat dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. berdasarkan uji-t diperoleh nilai thitungsebesar 5,201 sedangkan untuk nilai ttabel sebesar 2,00 yang artinya bahwa thitung > ttabel atau 5,201 > 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, apabila dilihat dari nilai signifikan, Sig < α yaitu 0,000 < 0,05 maka H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan problem posing tipe within solution berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wonomulyo.

Copyrights © 2024