Masih terdapat permasalahan dalam bidang pendidikan di Indonesia, khususnya di lembaga pendidikan SLB. Permasalahan ini meliputi pembelajaran yang belum sesuai, pelayanan dan fasilitas yang kurang memadai, keberlakuan pendidikan, dan masih banyak lagi. Maka perlu adanya suatu model pendidikan yang bisa memberikan contoh penyelesaian masalah seperti yang dijelaskan diatas. Adapun dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini diambil dari guru dari SLB-B dan SLB-C Pertiwi, sedangkan data sekunder dari hasil dokumentasi kegiatan, Biro Pusat Statistik (BPS), buku, laporan, dan jurnal. Teknik pengumpulan data melalui hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan sesuai dengan teori Miles dan Huberman, yang mana melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan dan triangulasi metode. Adapun hasil penelitian ini dapat dilihat dari nilai-nilai kesetaraan pendidikan yang termuat dalam penelitian di SLB-B dan SLB-C Pertiwi antara lain sebagai berikut, kesetaraan gender, pemerataan akses pendidikan, pemberian fasilitas yang memadai, pemberian jaminan kesehatan dan kesejahteraan peserta didik, dan kemitraan pihak sekolah dengan wali murid.
Copyrights © 2024