Pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang dapat membantu siswa membangun pemikirannya dan keterampilan dalam berkreativitas. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anggapan bahwa PjBL dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif. Tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan LKPD berbasis PjBL terhadap kreativitas belajar siswa SD IT Serasan Sekundang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji independent t-test. Berdasarkan hasil penelitian bahwa rata-rata angket kelompok eksperimen kreativitas belajar pada siswa SD IT Serasan sekundang sebesar 82,38, sedangkan rata-rata angket kelompok kontrol yaitu sebesar 75,71. Selanjutnya berdasarkan nilai rata-rata indikator kreativitas, dengan indikator Fluency kelompok eksperimen memperoleh rata-rata 86,16%, sedangkan kelas kontrol yaitu sebesar 74,5%. Dengan demikian guna mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan LKPD berbasis PjBL yaitu mengggunakan uji independent t-test diperoleh nilai signifikan 0,01 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh LKPD berbasis PjBL terhadap kreativitas siswa SD IT Serasan sekundang.
Copyrights © 2024