Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala dalam penerapan model *Guided Discovery Learning* (GDL) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas V SD. Latar belakang penelitian ini adalah kesulitan yang dialami oleh sejumlah guru dalam menerapkan model pembelajaran yang efektif di kelas. Guru diharapkan mampu menyesuaikan kebutuhan dan karakteristik siswa dengan metode pembelajaran yang inovatif, salah satunya adalah model GDL yang mendorong partisipasi aktif siswa melalui eksplorasi terbimbing. Model ini sering digunakan dalam pendidikan IPS untuk mengembangkan pengalaman belajar yang lebih bermakna. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengkaji permasalahan yang dihadapi oleh guru kelas V SDN 01 Kandis dalam menerapkan model GDL. Proses pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala utama dalam penerapan GDL mencakup keterbatasan waktu pembelajaran, kurangnya sarana dan prasarana yang memadai, serta rendahnya kesiapan guru dalam mengimplementasikan model ini secara efektif. Temuan ini menunjukkan pentingnya upaya peningkatan fasilitas pembelajaran, pelatihan guru, dan pengelolaan waktu yang lebih baik agar model GDL dapat diterapkan dengan optimal di lingkungan pendidikan dasar.
Copyrights © 2024