J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 5, No 3 (2024): OKTOBER

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENDESKRIPSIKAN CERITA TENTANG DAERAHKU PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN CIBEUREUH

Kamillah, Silqi Lailatul (Unknown)
Nugraha, Fajar (Unknown)
Zahrah, Riza Fatimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam mendeskripsikan cerita tentang daerahnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SDN Cibeurih. Kemampuan siswa dalam memahami tentang daerahnya menjadi krusial karena mencerminkan pemahaman mereka terhadap aspek – aspek penting disekitar mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kemampuan yang baik dalam mendeskripsikan cerita tentang daerah mereka, meskipun terdapat beberapa tantangan seperti keterbatasan kosakata dan pemahaman mendalam tentang topik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan keterampilan deskripsi perlu dilakukan secara berkelanjutan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap daerahnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...