Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran matematika berbasis situs Astana Gede Kawali serta mengetahui kevalidan, kepraktisan, keefektifan, respons peserta didik dan kualitas peningkatan kemampuan pemecahan masalah dari media tersebut. Materi yang diterapkan pada media pembelajaran ini adalah segitiga dan segi empat. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaituAnalysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembarvalidasi, angket respons guru dan peserta didik, serta lembar tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian aspek kevalidan dari angket validasi ahli materi memperoleh kategori “valid”, dan angket validasi ahli media memperoleh kategori “sangat valid”. Selanjutnya aspek kepraktisan dari analisis angket respons guru memperoleh kategori “sangat praktis”, dan aspek keefektifan dari hasil post-test peserta didik memperoleh kategori “efektif”. Selain itu, aspek ketertarikan ditinjau dari hasil angket respons peserta didik memperoleh kategori “sangat menarik”, dan kualitas peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa memperoleh kategori “sedang”. Dengan demikian media pembelajaran matematika berbasis situs Astana Gede Kawali layak digunakan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2024